Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Blogger Widget and Get This Widget

Selasa, 12 Agustus 2014

Cara 'Ekstrim' Agar Rajin Membaca



Membaca adalah aktifitas yang mencerdaskan. Membaca membuat seseorang memiliki wawasan yang luas dan kreatif. Seluruh pemikir, filsuf, teolog, psikolog, ulama, saintis, fisikawan dan ribuan bahkan jutaan ahli di bidang lain pasti memiliki kebiasaan atau hobbi membaca. Hingga mengantarkan mereka menjadi ahli di bidangnya masing-masing.

Sepintas membaca adalah aktifitas yang gampang dan simpel, cukup raih sebuah buku lalu mulailah membuka halaman demi halaman dan baca. Akan tetapi ternyata tidak sedikit orang yang kesulitan dan bahkan malas ketika berhadapan dengan sebuah buku. Lebih gemar main game atau aktiftas lain yang menghibur. Terkadang seseorang tersebut menginginkan dirinya memiliki hobbi atau kebiasaan rajin membaca, tetapi seakan ada kekuatan tertentu yang menyebabkan keinginan tersebut hanya terbatas sebagai sebuah keinginan dan enggan untuk dilakukan.


Pertanyaanya adalah bagaiman caranya agar kita menjadi orang yang rajin membaca atau memiliki kebiasaan baca ?. menjawab pertanyaan ini gampang-gampang susah. Gampang karena membaca tidak butuh latihan-latihan tertentu. Susah karena seringkali sulit untuk terwujud.

Menjadikan aktifitas membaca sebagai sebuah rutinitas atau kebiasaan adalah hal yang sangat mudah. Kebiasaan pada galibnya selalu di awali oleh paksaan. Untuk pintar dan pandai serta biasa berjalan semasa kanak-kanak kita harus memaksa diri kita atau siappun di sekeliling kita untuk berjalan walau awalnya tertatih-tatih dan kadang jatuh dan terluka. Tetapi karena proses (berjalan) ini terus dilakukan, walaupun secara paksa, maka lama-kelamaan menjadi kebiasaan. Begitu pula membaca.

Membaca tidak akan pernah menjadi kebiasaan apapila kita tidak memaksa diri kita untuk membaca. Walaupun awalnya pada saat membaca buku kadang tidak satupun yang nyangkut dalam ingatan. Tetapi karena dipaksakan dan dilakukan terus menerus, setiap saat, maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan. Bahkan kecanduan seperti halnya orang kecanduan dengan rokok.

Bukan hal mustahil jika suatu saat anda akan kecanduan dengan membaca. Gelisah jika satu hari tidak membaca sebuah buku. Dan ingat, untuk menjadikan aktifitas membaca sebagai sebuah kebiasaan, jangan tebang pilih dalam membaca buku. Buku apa saja yang dimiliki usahakan dibaca sampai tuntas. Dari kata pengantar sampai biografi penulisnya (tidak wajib dilakukan jika sudah menjadi kebiasaan). Tujuannya adalah untuk melahirkan kebiasaan membaca. Tetapi kalau anda memiliki banyak buku untuk di baca, anda bisa memilih buku-buku apa saja yang hendak dibaca. Yang penting tiap hari selalu sempatkan membaca. Usahakan sampai benar-benar capek.

Jika anda telah membaca tiap hari, lama-kelamaan akan terbiasa dan kurang ‘sreeg’ jika tak membaca dalam sehari. Disaat itu pula anda akan kecanduan dengan membaca atau menjadi kutu buku. Kalau slogan saya, “jika orang bisa kecanduan dengan rokok, yang jelas tidak bermanfaat untuk kesehatan mengapa kita tidak bisa kecanduan dengan membaca yang sangat bermanfaat untuk kita”.

Selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar